Visi, Misi, Tujuan

Visi Jurusan Agribisnis 

“Pada tahun 2025, menjadi Program Studi Unggul Dalam  Menghasilkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Global Untuk Mengembangkan Agribisnis Berbasis Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi.”

 

Untuk  mewujudkan visi Jurusan Agribisnis tahun 2025 di atas, maka disusun beberapa misi Jurusan Agribisnis  antara lain :

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar/pendidikan secara professional untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing global dan berkepribadian mulia.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian bagi dosen dan mahasiswa  pada bidang Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis untuk pengembangan keilmuan dan perumusan kebijakan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian pada masyarakat untuk menunjang pembangunan masyarakat berbasis agribisnis.
  4. Meningkatkan kualitas kerjasama dan kemitraan dengan lembaga penelitian dan pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.

 

Tujuan Program Studi Agribisnis adalah menghasilkan lulusan Sarjana Agribisnis yang :

  1. Mampu merancang alokasi sumberdaya alam, manusia, modal, dan sosial untuk meningkatkan efisiensi operasi sistem agribisnis.
  2. Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.
  3. Memiliki etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan.
  4. Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan unit usaha agribisis yang inovatif, menciptakan nilai tambah dan berwawasan lingkungan.
  5. Mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko serta mengantisipasi ketidakpastian pada sistem operasi agribisnis.
  6. Memiliki kepekaan pada persoalan/masalah sosial budaya masyarakat terkait dengan pengembangan agribisnis.
  7. Mampu merumuskan strategi serta penggunaan metode dan sumberdaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi tantangan pengembangan agribisnis masa depan.
  8. Mampu memfasilitasi dialog dalam dan antarkelompok pemangku kepentingan agribisnis untuk mendukung proses perumusan dan keberlanjutan kebijakan yang melibatkan peran serta masyarakat.
  9. Mampu berpikir analitis dan sintetis untuk mengevalusi solusi pengembangan pada sistem operasi agribisnis.
  10. Mampu bernegoisasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan.
  11. Mampu dan menguasai persoalan ekonomi pertanian secara makro maupun mikro  mengembangkan model pembangunan pertanian wilayah, merencanakan dan mengevaluasi proyek-proyek pertanian, menganalisis dan meruuskan kebijakan  pertanian.
  12. Mampu dan menguasai sistem agribisnis secara meyeluruh, serta mampu mengelola keuangan dan manajemen perusahaan agribisnis, merencanakan dan  mengevaluasi proyek-proyek pertanian, menganalisis pasar, serta mampu mengambil keputusan dalam sistem agribisnis.
  13. Mampu dan menguasai cara berkomunikasi efektif dengan masyarakat agribisnis  serta mampu menjadi fasilitator dalam mengembangan masyarakat agribisnis, serta  menguasai teknik pemberdayaan masyaraat agribisis melalui pendekatan  partisipatif dan sosial kemasyarakatan.
  14. Mampu berbahasa Internasional secara aktif (khususnya bahasa Inggris).
  15. Mampu untuk berwirausaha.
  16. Mampu mengoperasikan teknologi dan informasi.
  17. Mampu menghadapi tantangan globalisasi (perkembangan IPTEK, masyarakat, dan  lingkungan).
  18. Mampu memimpin dan berorganisasi.
Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.