Kegiatan Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bimbingan dan Konseling

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Bimbingan dan Konseling

a.  Bentuk Kegiatan :

Berdasarkan Peraturan Akademik Unila Nomor 06 tahun 2016 Bab II  Bagian Kesembilan Pasal 12,tim bimbingan dan konseling ditetapkan oleh Dekan atas usulan Ketua Program Studiatau fakultas atau program pascasarjana atau universitas, yang terdiri atas kelompok dosen yang memenuhi persyaratan: mempunyai keahlian dalam bimbingan dan konseling serta dosen-dosen yang pernah mengikuti penataran bimbingan dan konseling.Di Fakultas Pertanian,Tim Bimbingan Konseling Mahasiswa dibentuk dengan Surat Keputusan Dekan FP. Unila Nomor 1783C/UN26/4/KM/2016.

 

Bentuk kegiatan bimbingan dan konseling adalah dengan pemberian bantuan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing Akademik (PA) dan dosen pendamping mahasiswa, yang dilakukan setiap saat selama mahasiswa belum lulus.Tujuan bimbingan dan konseling adalah memberikan pelayanan bantuan pemecahan masalah, baik yang bersifat akademik maupun non akademik melalui konseling/konsultasi, sehinggamahasiswa dapat mewujudkan potensi dirinya secara optimal (baik untuk kepentingan dirinya maupun masyarakat) masa depan yang lebih baik.

 

b.  Pelaksanaan Kegiatan :

Waktu pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling dilakukan setiap saat selama mahasiwa  belum lulus.

 

c.  Hasil Kegiatan:

Hasil kegiatan bimbingan dan konseling meliputi:

(a)   Mahasiwa mampu menyelesaikan studinya dengan baik di PS Agribisnis Jurusan Agribisnis FP Unila.

(b)   Mahasiwa mampu menyelesaikan permasalahan non akademik seperti masalah ekonomi, masalah sosial, masalah keluarga, masalah komunikasi dan lain-lainnya dengan baik.

2. Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

 

 

2.1.  Bentuk Kegiatan :

PS Agribisnis, selain berusaha meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa, juga mendorong kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut dimaksudkan untuk pengembangan penalaran, keilmuan dan profesionalisme, serta penyaluran dan pengembangan minat, bakat, kreasi, dan hobi mahasiswa. Aktivitas penyaluran minat dan bakat mahasiswa dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

 

HIMASEPERTA merupakan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Tingkat Program Studi (PS) Agribisnis berperan merencanakan dan memprogram kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan yang sesuai dengan garis-garis program yang ditetapkan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan HIMASEPERTA antara lain:1. Bazar Himaseperta pada HUT FAPERTA, 2. Pelatihan Penulisan E-Jurnal, 3. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), 4. Histery (Himaseperta Anniversary), 5. Pekan Kewirausahaan, 6. Seminar Nasional Kewirausahaan, 7. Musyawarah Besar Himaseperta XXIII, 8. Kajian Islami, 9. Tutorial Matakuliah 10. Sosek English Club (SEC) ,11 Kegiatan Jurnalistik,12.  Buletin (Simaseperta), 13. SMS Motivasi, 14. Perpustakaan Mini, 15. Sosek Entrepreuneur Forum, 16. Badan Usaha Mandiri Sosek, 17. Kuliah Umum Kewirausahaan, 18.Lomba Video Iklan, dan 19. Pojok Kewirausahaan.

 

1.              b.  Pelaksanaan Kegiatan :

2.              Kegiatan yang sudah dilakukan HIMASEPERTA selama ini antara lain adalah :

(1) Bazar Himaseperta

Kegiatan Bazar Himaseperta dilakukan bersamaan dengan HUT Fakultas Pertanian, dimana setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Lembaga Kemahasiswaan yang berada di lingkungan Fakultas Pertanian turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Faperta. Bazar HIMASEPERTA merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan PS Agribisnis dan HIMASEPERTA di Fakultas Pertanian pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-15 Desember 2014, 2-6 Desember 2015.,dan 18-20 April 2016.

(2) Pekan Kewirausahaan

Pelatihan Kewirausahaan adalah kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship, mengembangkan keterampilan dan keahlian mahasiswa, dan melatih kemampuan menganalisis suatu usaha dan pengembangannya.Bentuk kegiatan ini berupa pelatihan (materi ruang) dan workshop. Tema yang diusung dalam kegiatan ini, yaitu “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan yang Tinggi, Kreatif, Inovatif, dan Cerdas Bersama Himaseperta”. Acara pelatihan ini dilakukan pada tanggal 8-14 Mei 2014,  yang bertempat di Gedung Adan dibuka secara langsung oleh Dekan FP Unila.Tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 17 Maret, 18 -23 April 2016, dengan tema “ Rebut, Kuasai dan Menangkan Persaingan Global”.

(3) Seminar Nasional Kewirausahaan

Seminar nasional kewirausahaan adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 Mei 2014. Tema yang diusung dalam kegiatan ini, yaitu Bangkitkan Semangat Generasi Muda Dalam Berwirausaha. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Ir. Yaktiworo Indriani, M.Si, dan menghadirkan Drs.Ponijan Puspodiharjo, M.Pd, dan Dr. Ayi Ahadiyat, S.E., MBA. Tahun 2016 kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2016, bertempat di Gedung Aula Fakultas Pertanian Unila. Peserta seminar berjumlah 817 orang, yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan masyarakat umum. Seminar dibuka oleh Dekan FP, dengan pemateri dari: (1) Deputi Kemitraan Perekonomian Bagian Pengembangan Kewirausahaan dan (2) Praktisi Bisnis (Jafrial Jasman).

(4). Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pengetahuan mengenai Himaseperta dan meningkatkan motivasi untuk berorganisasi. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pengurus Himaseperta yang memiliki integritas tinggi, berjiwa kritis, analisis dan solutif, serta membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa baru calon kader Himaseperta. LDK dilaksanakan pada 26 Oktober 2013 dan20 Desember 2015dengan tema “Mewujudkan Organisatoris yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan Bertanggung jawab atas Tercapainya Tujuan Himpunan”, dengan agenda acara pemberian berbagai materi mengenai motivasi organisasi, teknik sidang, keorganisasian kepemimpinan manajemen dan administrasi kesekretariatan. Pada tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2016 dengan materi tentang “Pengetahuan Organisasi Serta Aplikasi Sederhana”yang diikuti oleh mahasiwa angkatan 2016 sebanyak 147 orang.

(5).Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Pada E-Jurnal

Bentuk kegiatan Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah pada E-Jurnal dan pengaplikasian /praktek langsung pembuatan jurnal ilmiah dan cara publikasinya. Kegiatan  dilaksanakan pada 26 Oktober 2014 di ruang rapat Gedung N Jurusan Agribisnis, dengan jumlah peserta sebanyak 50 mahasiwa  dan  disupport oleh dosen – dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Unila dan Tim Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis (JIIA).  Tahun 2016 dilaksanakan di Gedung D Fakultas Pertaniandengan jumlah peserta sebanyak 96orang, dengan temakegiatan adalah “Menolak Plagiarisme Melalui Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah, Kreativitas, dan Daya Saing Mahasiswa”.Sementara tahun 2017, diadakan pada tanggal 22 April 2017, dengan jumlah peserta sebanyak  97 orang, dengan tema “Menulis Artikel Ilmiah yang Inovatif dan Berkualitas Tanpa Flagiarisme Melalui Pelatihan E-journal”

(6). HISTERY (Himaseperta Anniversary)

Kegiatan Himaseperta Anniversary (HISTERY) dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan secara bertahap dimulai dari tanggal 24 April sampai dengan 14 Mei 2016 antara lain kegiatannya adalah Futsal Antar Angkatan, Jalan Sehat, Badminton Cup,Baksos (Bakti Sosial),dan rangkaian puncak kegiatan yaitu Malam Inagurasi. Tahun 2017, dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017, dengan kegiatan Liga Futsal antar angkatan, Badminton Cup, dan Basket.

(7). Musyawarah Besar (MUBES)

Kegiatan  MUBES merupakan bentuk evaluasi, proyeksi, dan regenerasi  Himaseperta. Musyawarah Besar Himaseperta dilaksanakan tanggal 15-16 Juni 2014, bertemakan ”Membangun Karakter Organisasi Berkepemimpinan, Menjunjung Tinggi Loyalitas Dan Profesional”dan tanggal 10 Juni 2016, dengan ”Reaktualisasi Kepengurusan Yang Mampu Menjaga Keseimbangan Organisasi, Loyal, dan Konsisten Terhadap Fungsi Peran Dalam Himaseperta”

 

(8).Kajian Islami

Kajian Islami bertemakan “Mahasiswa Muslim, Akhlak Keren, Prestasi Mantap”dengan pemateri Bpk Dr. Ir. Sudarma Widjaya, M.S. yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 19 Desember 2013.  Peserta terdiri dari mahasiswa Agribisnis berjumlah 60 orang. Tahun 2015, dilaksanakan tanggal 27 November 2015, bertempat di Pendopo Beringin Unila dengan kajian yang diisi oleh Alumni Himaseperta.

(9)Kegiatan Tutorial Matakuliah

Kegiatan tutorial matakuliah dilakukan untuk memperdalam ilmu-ilmu dalam perkuliahan diluar jam kuliah. Beberapa matakuliah yang menjadi subjek adalah Matematika, Biologi, PIE, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Kegiatan ini bekerjasama dengan Tim Asisten dosen.

(10) Sosek English Club (SEC)

KegiatanSosek English Club (SEC) bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris anggota muda Himaseperta dan memberikan kesempatan kepada kakak tingkat untuk membagikan keahliannya di bidang bahasa inggris yang dilaksanakan di sekretariatan Himaseperta. Bentuk kegiatan SEC meliputi: Agribusiness English Festival (AEF), Sosek English Club English Competition (SEC EC) dan SECOut Class Activity, dan SEC Tutorial Class.

(11) Buletin EkspreSo(Ekspresi Sosek)

Tujuan penerbitan buletin EkspreSo adalah sebagai wadah untuk berbagi informasi dan pengetahuan serta menyalurkan ekspresi diri atau karya dari mahasiswa/i agribisnis. Buletin ini terbit pada 3 Desember 2013 sebanyak 500 eksemplar.

(12) SMS Motivasi dan SMS Tausiyah

Bentuk kegiatan ini berupakutipan-kutipan motivasi dan tausiyah yang disampaikan menggunakan media handphone melalui layanan SMS.

(13) Perpustakaan Mini

Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian Himaseperta terhadap mahasiswa Agribisnis angkatan baru yang akan menjadi anggota Himaseperta. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pengumpulan buku, laporan, dan bahan kuliah lainnya.

(14)Belajar Qurban (Kotak Infaq dan Amal Jumat)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari raya Idul Adha 1435 H. Kegiatan ini melatih anggota Himaseperta untuk peduli kepada saudara-saudara di lingkungan sekitar dan sekretariatan Himaseperta. Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih anggota Himaseperta bersedekah dengan meletakkan kotak Infaq di Gedung N Jurusan Agribisnis.

(15) Sosek Entrepreuneur Forum

Kegiatan ini merupakan kegiatan diskusi dan sharing antar internal warga Sosek. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa yang telah memiliki bisnis wirausaha dan yang ingin berwirausaha.Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2015, yang dihadiri oleh 350 peserta dengan pemateri Thomas Agatha Ouwner Papa Tom’s Cafee dan Cafee Perut Bulat, serta Citra Indah Halley pemilik warung makan Bebek Belur selaku alumni PS Agribisnis.

(16) Badan Usaha Mandiri Sosek (BUMS)

Kegiatan ini merupakan upaya untuk pencarian dana alternatif Himaseperta dalam melatih serta memberi pengalaman wirausaha kepada mahasiswa. Kegiatan ini antara lain, pembuatan jas laboratorium, pembuatan PDL Himaseperta, Danus Harian (Penjualan pulsa), dan Merchandise. Tahun 2015 dan 2016, kegiatanini meliputi: pembuatan Emblem Nama Almamater sebagai identitas anggota Himaseperta,

(17)Kuliah Umum Kewirausahaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 November 2015 bertempat di Gedung Aula Fakultas Pertanian, yang dihadiri oleh 400 peserta dengan tema” Change Yourself to be an Entrepreneur”, sebagai pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM. Tanggal 17 Maret 2016, dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, dengan pembicara IMade Doni Moena dengan materi tentang “Strategi Berwirausaha”.

(18)Advertisement Video Competition (AVC)

Kegiatan ini berbentuk lomba pembuatan video iklan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret  sampai 13 April 2016, yang diikuti oleh 11 peserta dengan penilaian kriteria pemenang mendapatkan jumlah like terbanyak dari video yang diunggah oleh panitia di akun histogram Himaseperta (Pemenang 3 orang, Juara 1. M Hutama Pandu, 2 Agribisnis B 2015, 3 M.Agi Witarsa).

(19)Pojok Kewirausahaan

Kegiatan pojok kewirausahaanmenjual berbagai makanan dan minuman ringan serta peralatan tulis kantor yang berasal dari usaha mahasiswa Agribisnis. Pojok kewirausahaan ini dibuka setiap hari kerja, dengan mahasiwa piket bergantian angkatan 2014 dan 2015 (Semester 6 dan 4), bertempat di Laboratorium Manajemen Usaha dan Sumberdaya Keluarga (MUSK), Gedung N Jurusan Agribisnis.

 

c.  Hasil Kegiatan :

(1) Bazar Himaseperta:

Kegiatan Bazar Himaseperta membuahkan hasil dengan dinobatkannya Himaseperta sebagai juara 1 stand bazar HUT Faperta tahun 2015. Tahun 2016, Himaseperta meraih juara 2 stand bazar, dan Juara 1 Lomba Gravity Contest.Di samping itu, mahasiswa peserta Bazar Himaseperta diharapkan menjadi lebih mampu mengembangkan kreativitas yang ada pada setiap diri pribadi mahasiswa tersebut.

(2)Pelatihan Kewirausahaan :

Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengembangkan jiwa enterpreneurship, mengembangkan keterampilan dan keahlian mahasiswa dalam menganalisis suatu usaha dan pengembangannya.

(3) Seminar Nasional Kewirausahaan

Hasil kegiatan ini mahasiswa dapat menambah wawasan dalam bidang kewirausahaan dan telah terwujud kegiatan Pojok Kewirausahaan di Jurusan Agribisnis.

(4)LDK :

Hasil kegiatan ini, mahasiwa Agribisnis lebih mampu dalam menyelenggarakan sebuah acara atau kegiatan. Di samping itu,melalui kegiatan ini mahasiswa peserta LDK menjadi lebih mampu memimpin, meningkat personalitas kerjanya dalam berorganisasi, dan terlatih dalam birokrasi berorganisasi.

(5)Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Pada E-Jurnal:

Hasil kegiatan ini: mahasiswa Agribisnis dapat memahami pengetahuan E-Jurnal dan mengetahui tata cara dalam pembuatan serta publikasi artikel ilmiah pada E-Jurnal terutama untuk dimuat dalam Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis (JIIA), sebagai persyaratan untuk dapat melaksanakan ujian komprehenship.

(6)   Histery :

Melalui kegiatan ini seluruh mahasiswaanggota Himaseperta memperingati hari jadi organisasi Himaseperta pada setiap tahunnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi antara anggota dan alumni anggota Himaseperta serta para Dosen dari Jurusan Agribisnis.

(7)Musyawarah Besar (MUBES) :

Hasil kegiatan ini: (a) terbentuknya regenerasi kepengurusan Himasepertaberikutnya. (b)melalui kegiatan ini pengurus Himaseperta dievaluasi dan setelah itu seluruh anggota Himaseperta memproyeksi untuk berlangsungnya kepengurusan selanjutnya dengan melakukan regenerasi, yaitu memilih Formatur/Ketua Umum Himaseperta.

(8)Kajian Islami (Kajian Simaseperta)

Hasil kegiatan ini:  dapat menambah pengetahuan keagamaan bagi mahasiswa Agribisnis yang beragama Islam serta dapat mempererat tali persaudaraan antara anggota Himaseperta dengan Alumni.

(9) Tutorial  Matakuliah

Hasil kegiatan tutorial matakuliah adalah mahasiswa dapat memperdalam ilmu-ilmu dalam perkuliahan diluar jam kuliah, sehingga mampu meningkatkan IPK mahasiwa (rata-rata ≥ 3,00).

(10) Sosek English Club

Hasil kegiatan tutorial Sosek English Club (SEC) adalah: (a) mahasiwa mampu mengakses jurnal dan text-book dalam terbitan bahasa inggris, (b) mahasiwa mampu mengikuti kegiatan internasional yang berbahasa inggris seperti:  Juara tiga Speech Competition2015 dan Semi Finalis of Debate Competition tahun 2014 ( Mahmud Rifa’i), Young Southeast Asian Leaders Initiative  (YSEALI ) 2015 (Fadlan Satria). (c) Kegiatan ini juga meningkatkan pemahaman TOEFL mahasiswa Agribisnis dengan hasilrata-rata  skor TOEFL ≥450.

(11) Buletin EkspreSo(Ekspresi Sosek)

Hasil kegiatan ini: (a) setiap tahunditerbitkan Buletin untuk keperluan mahasiswa. (b) dengan terbitnya buletin ini, mahasiswa/i Agribisnis dapat memperoleh informasi dan pengetahuan serta menyalurkan bakat serta karya yang mereka miliki.

(12) SMS Motivasi dan SMS Tausiyah

Hasil kegiatan ini: (a) mahasiswa mendapat motivasi kuliah yang disampaikan menggunakan media handphone melalui layanan SMS setiap hari senin, sehingga mahasiswa Agribisnis banyak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti: Lomba Futsal, Badminton, Speech Competition, Lomba ScrabbleChampionship, lomba karate,dll.

(13) Perpustakaan Mini

Hasil kegiatan ini,mahasiswa dapat lebih mudah untuk mengakses contoh laporan-laporan dan bahan matakuliah.

(14)Belajar Qurban

Hasil kegiatan ini, mahasiswa dapat melatih kepedulian kepada saudara-saudara di lingkungan sekitar.

(15) Sosek Entrepreuneur Forum

Hasil kegiatan Sosek Enterpreneur Forum: (a) mahasiswa mampu mengelola kantin kewirausahaan (Pojok Himaseperta). (b) kegiatan inijuga dapat menambah pengetahuan mahasiswa mengenai kegiatan berwirausaha.

(16) Badan Usaha Mandiri Sosek (BUMS)

Hasil kegiatan ini yaitu terwujudnya Pojok Kewirausahaan Himaseperta yang secara langsung dapat melatih mahasiswa untuk berwirausaha.

(17) Kuliah Umum Kewirausahaan

Hasil kegiatan ini yaitu (a) Mahasiswa (peserta) memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan, (b) Mahasiwa mampu membuat proposal PKM dan tahun anggaran 2016 terdapat 4 kelompok yang menjadi pemenang PKM( 1. Muhamad Rifai, Suf Ajizah, Rofikoh Akhoiriyah, 2. Arum Renada, Abu Haris Husain, 3. Eka Prianti, Zupika Audina, 4. Bella Adilla).

(18)Advertisement Video Competition (AVC)

Hasil kegiatan:

a.  Juara 1 ( M. Hutama Pandu)

b.  Juara 2  (Agribisnis B 2015)

c.  Juara 3  ( M. Agi Witarsa, dkk)

(19). Pojok Kewirausahaan

Hasil kegiatan ini, mahasiwa mampu mengelola sebuah usaha secara mandiri,sebagai wahana pembelajaran kewirausahaan.

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

Pembinaan softskills

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beasiswa

 

Pembinaan Soft Skills

PS Agribisnis, dalam rangka ikut serta mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana termaktub dalam PP 60 tahun 1999 dan menghadapi era globalisai, setiap perguruan tinggi harus dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Lulusan yang berkualitas tidak hanya berbekal kemampuan hardskillsyang tinggi, namun juga dibutuhkan kemampuan softskills.

 

a. Bentuk Kegiatan

Program pembinaan kemahasiswaan diharapkan dapat melatih mahasiwa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan,meningkatkan kesiapan daya saing mahasiswa, serta  meningkatkan kemampuan softskillsmereka.Beberapa kegiatan kemahasiswaan antara lain:

(1). Pelatihan kewirausahaan

Pembinaan mahasiwa untuk dapat mengajukan proposal pinjaman modal ke bank sebesar 8 juta rupiah per orang  atau per kelompok, dengan jumlah anggota per kelompok maksimal 5 orang.

(2). PelatihanKepemimpinan.

(3). Pelatihan tentang motivasi bisnis/usaha.

(4). Pelatihan teknik wawancara dan membuat lamaran kerja sertamembuat curriculum vitae (oleh

Fakultas Pertanian).

(5). Pelatihan tentang penyiapan kerja (pasca lulus).

 

b.  Pelaksanaan Kegiatan :

(1). Pelatihan kewirausahaan :

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi kegiatan kewirausahaan dari universitas.  Kemudian mahasiswa direkrut dan diseleksi untuk dapat menjadi peserta pelatihan. Hasil pelatihan adalah proposal kewirausahaan mahasiswa yang akan diajukan dana (modalnya) ke bank pelaksana.  Proposal dapat diajukan oleh perorangan maupun kelompok.  Satu kelompok maksimal terdiri dari 5 orang dan dana yang diajukan adalah 8 juta per proposal.

(2). Pelatihan Kepemimpinan

Kegiatan ini berupa training materi ruang yang berisi materi tentang motivasi organisasi, teknik sidang, keorganisasian kepemimpinan manajemen dan administrasi kesekertariatan.  Kegiatan ini dibina oleh dosen pembimbing kemahasiswaan dan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himaseperta). Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Oktober 2013 dan20 Desember 2015, dan 2 Desember 2016.

(3). Pelatihan tentang motivasi  bisnis/usaha

Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu membuka usaha/bisnis secara mandiri. Pelatihan ini berisi materi tentang: (1) membangun kesadaran dan menggali potensi diri mahasiwa dalam menggapai cita-cita, (2) membangun mainset mahasiwa tentang bisnis, (3) membangun karakter mahasiswa agar sukses dalam bisnis, (4) Mampu membangun hubungan bisnis (business relationship), (5) mampu melakukan framing pada setiap persoalan (mampu mengubah persepsi dengan cepat)., dan  (6) mampu mengungkapkan dan menyampaikan ide kepada relasi bisnis secara lisan dan tulisan. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2015 dan 2 Desember 2016.

(4). Pelatihan teknik wawancara dan membuat lamaran kerja serta curriculum vitae (oleh fakultas).

Kegiatan dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan melakukan penelitian dansudah melakukan penelitian dan hampir lulus.  Pelatihan teknik wawancara lebih ditujukan kepada mahasiswa yang akan penelitian, sedangkan pelatihan membuat lamaran kerja dan menyusun curriculum vitae adalah mahasiswa yang sedang atau sudah melaksanakan penelitian dan hampir lulus.  Pelatihan membuat lamaran kerja dan menyusun curriculum vitae diberikan sebagai bekal mahasiswa untuk mencari/mengisi lowongan kerja, sedangkan pelatihan teknik wawancara sebagai bekal mahasiswa untuk melakukan penelitian. Kegiatan ini dilakukan di tingkat fakultas.

(5). Pelatihan tentang penyiapan kerja (pasca lulus)

Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa pasca lulus studi, agar mampu menjadi seorang enterpreneurship. Kegiatan ini meliputi Pelatihan/Bimtek dengan materi membuka usaha dan menjalankan usaha dibidang pertanian, yang diadakan pada bulan  Agustus 2016 (program ini setiap tahun diadakan). Setelah dilakukan bimtek, mahasiswa  mengajukan proposal kepada panitia Program PWMP (Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian) yang berada di bawah Kementerian Pertanian. Proposal yang disetujui  mendapatkan hibah dana sebesar Rp35.000.000,00 per proposal. Setelah dana diterima, maka usaha dilaksanakandan dilakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali. Tahun I penumbuhan, Tahun II pengembangan, dan Tahun III kemandirian. Per kelompok dibimbing selama 3 tahun sampai usaha menjadi mandiri.

 

C.Hasil Kegiatan :

(1).  Pelatihan kewirausahaan :

– Melalui kegiatan ini, telah direalisasi beberapa proposal yang dana (modal)-nya dibiayai oleh

 bank melalui kegiatan “wirausaha muda”.

  – Melalui kegiatan ini telah berdiri Pojok Kewirausahaan yang dikelola oleh mahasiswa.

(2). Pelatihan Kepemimpinan

Melalui kegiatan ini mahasiswa: mampu mengorganisir suata acara/kegiatan, memahami teknik berorganisasi, mampu berkomunikasi dan berbicara di depan umum dan mampu menulis laporan kegiatan. 

(3).Pelatihan tentang motivasi bisnis/usaha

Hasil kegiatan ini: (a) peserta mampu membuat proposal studi kelayakan usaha/analisa usaha.

(b)  sudah ada mahasiswa yang memiliki usaha serta mendapatkan juara 1 lomba Enterpreneur Syariah Bank Indonesia tahun 2017 sebagai pengusaha muda yang berprestasi (Dea Adelia).

(4). Pelatihan teknik wawancara dan membuat lamaran kerja sertacurriculum vitae (oleh fakultas)

Hasil  kegiatan ini: (a)  mahasiswa memiliki kesiapan dan kemahiran melakukan wawancara dalam kegiatan penelitian (survei), serta lebih mahir dalam menyusun curriculum vitae dan membuat lamaran kerja.

(5).Pelatihan tentang penyiapan kerja (pasca lulus)

Hasil kegiatan ini  diterimanya lima proposal (Agribisnis) program PWMP. Masing-masing proposal terdiri dari 3 orang alumni per kelompok.  Dari 5 proposal yang diterima, 4 proposal yang diterima mahasiswa alumni  Jurusan Agribisnis; Fadoli Ahmad/Hidroponik, Nanda/Keripik Pepaya (bermitra dengan Dinas Perindustrian Provinsi Lampung), M. Yusuf Wahid/Pakan Ternak  dan Amanda Putra Seta/Tanaman Herbal (tahun kedua sudah bermitra dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung (pada program Diversifikasi Pekarangan), Mukti Artasari/Kopi.

 

 

 

Beasiswa

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pendidikan tinggi mengemban tugas untuk menyiapkan peserta didiknya menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional, sehingga diharapkan dapat berperan dalam mewujudkan peningkatan taraf hidup masyarakat dan keberhasilan pembangunan nasional. Mahasiswa sebagai aset bangsa merupakan sumberdaya manusia yang produktif dan potensial serta akan tumbuh dan berkembang sebagai calon-calon pemimpin di masa mendatang, sehingga kebijakan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan aset bangsa tersebut.Memperhatikan perkembangan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih lemah, ditambah lagi dengan pengaruh ekonomi yang telah mendorong semakin rendahnya nilai (daya beli) pendapatan masyarakat, maka akan sangat berpengaruh pula terhadap proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Dalam keadaan sangat terpaksa, kondisi perekonomian telah menyebabkan terputusnya atau tertundanya penyelesaian pendidikan mahasiswadan hal tersebut sangat disayangkan apabila menimpa mahasiswa yang secara potensial memiliki prestasi akademik yang tinggi. Dengan pemberian beasiswa, diharapkan mahasiswa yang secara potensial memiliki prestasi akademik yang tinggitidak terputus kuliahnya, tetapi dapat memacu prestasi akademiknya,sehingga mereka dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

 

Pemberian beasiswa berdasarkan latar belakang di atas dilandasi oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yaitu :

a.     Undang-Undang Dasar 1945.

b.     Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

c.     Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

d.     Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/1998 tentang Bantuan Beasiswa Mahasiswa.

e.     Rencana Strategis (Renstra) Universitas Lampung tahun 2001- 2010.

 

a. Bentuk Kegiatan

Beasiswa mahasiswa perguruan tinggi dapat diberikan kepada berbagai jenjang program pendidikan Diploma (D2, D3), Sarjana (S1) dan S2 Reguler. Pemberian beasiswa diutamakan bagi mahasiswa dari berbagai bidang ilmu.  Jenis beasiswa yang ada di Universitas Lampung :

1.     Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

2.     Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM).

3.     Beasiswa PT Djarum.

4.     Beasiswa PT Jasa Raharja Putra.

5.     Beasiswa PT Gudang Garam.

6.     Bantuan Masuk Universitas (BMU).

7.     Beasiswa Bank Negara Indonesia.

8.     Beasiswa Bank Indonesia.

9.     Beasiswa Eka Tjipta Foundation.

10.  Beasiswa Bidik Misi Unila.

11.  Beasiswa BUMN.

12.  Karya Salemba Empat (KSE).

13.  Penerimaan Mahasiswa melalui Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

 

b.  Pelaksanaan kegiatan

Bagi mahasiswa yang kurang mampudan berprestasi memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa dengan mengajukan berkas usulan ke fakultas. Mahasiswa pengusul diharuskan melengkapi beberapa persyaratan dalam berkas pengajuan, seperti mengisi formulir bermaterai, fotocopy  Kartu Tanda Mahasiswa, pas foto hitam putih 3×4 = 4 lembar, transkrip akademik; surat keterangan penghasilan orang tua, surat keterangan Wakil Dekan III yang menyatakan tidak sedang menerima beasiswa, fotocopy kartu keluarga, surat keterangan kurang mampu dari lurah, rekomendasi PA, serta surat keterangan berbadan sehat. Dalam formulir beasiswa dicantumkan jenis beasiswa yang dituju. Selanjutnya, berkas tersebut diserahkan ke Kasubag Kemahasiswaan FP untuk diseleksi/diproses lebih lanjut. Mahasiswa yang lulus seleksi dinyatakan dengan keputusan Rektor Unila. Beasiswa berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang dengan mengajukan berkas permohonan perpanjangan. Setiap tahun beasiswa diberikan kepada mahasiswa di FP termasuk mahasiswa PS Agribisnis.

 

 

c.  Hasil Kegiatan

Selama periode 2012 – 2017, mahasiswa PS Agribisnis yang menerima beasiswa dari berbagai sumber adalah :

     
2012 BBM

BUMN

PPA

SUPERSEMAR

Bank Indonesia

PPI

: 60

: 7

: 78

: 1

: 2

: 1

2013 BBM

BUMN

PGN

PPA

SUPERSEMAR

Toyota Astra

: 51

:  6

:  4

: 48

:  1

: 12

2014 BBM

BUMN

PGN

PPA

SUPERSEMAR

Toyota Astra

: 51

:  6

:  4

: 48

:  1

:  12

2015 BBM

BUMN

PGN

PPA

KSE

Toyota Astra

Bidik Misi Unila

PMPAP

73

83

1

108

48

2016 PMPAP

Bidik Misi Unila

PPA

48

115

83

2017 PPA

MPPAP

Bidik Misi Unila

Bank Indonesia (BI)

38

48

115

8

5 Kesehatan

 

1.  a. Bentuk Kegiatan : Poliklinik Unila

Pelayanan kesehatan jasmani mahasiswa dan seluruh civitas akademika Unila diwujudkan oleh Unila dalam bentuk penyediaan Poliklinik Kesehatan Unila. Poliklinik ini berlokasi di sebelah Timur gedung pusat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniladan dibuka setiap hari kerja selama seminggu. Poliklinik Unila melayani mahasiswa, dosen, karyawan, dan keluarganya. Poliklinik Kesehatan Unila dipimpin dan dilayani oleh dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, yang didukung oleh sejumlah dokter dari Fakultas Kedokteran Unila serta dibantu oleh tenaga administrasi dari staf bagian kemahasiswaan Unila.  Biaya operasional poliklinik dibebankan kepada dana SPP/DPP Unila.

 

b.  Pelaksanaan Kegiatan 

Pelayanan kesehatan mahasiswa dan civitas akademik lainnya dilayani oleh Poliklinik Kesehatan Unila setiap hari kerja.  Dokter yang jaga berasal dari Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, (dosen FK Unila) di bawah koordinasi dr. Frida dari FK Unila. Dalam pelayanannya, dokter dibantu oleh seorang tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dan seorang administrator yang berasal dari staf kemahasiswaan BAK Unila.  Setiap orang (pasien) yang mau berobat ke Poliklinik Unila diwajibkan mendaftarkan diri dan dikenai biaya administrasi (untuk pembuatan kartu pasien) sebesar Rp 1.000,- per mahasiswa/karyawan/dosen/anggota keluarga  dosen dan karyawan (suami-istri dan anak-anak karyawan dan dosen). Selain melayani mahasiswa, karyawan dan dosen Unila, Poliklinik Kesehatan Unila juga terbuka bagi warga sekitar Unila.  Mereka juga wajib mendaftarkan diri jika ingin berobat dan dikenai biaya administrasi, dll sebesar Rp 4.000,- per orang.  Namun sejak beberapa tahun terakhir biaya pendaftaran dihapuskan, mereka yang ingin berobat terbebas dari biaya-biaya. Namun, jika sakitnya tidak bisa ditangai di Poliklinik Unila akan dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Moeloek.

 

c. Hasil kegiatan:

1) Dosen, karyawan dan mahasiswa terjamin kesehatannya.Poliklinik Unila memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan setiap hari kerja. Dosen, karyawan dan mahasiswa saatpertama kali memanfaatkanlayanan kesehatan inidiwajibkan membuat kartu berobat yang akan digunakan sebagai identitas setiap kali berobat dengan membayar sebesar Rp 1.000dan selanjutnya tidak dikenakan biaya. 

2)  Unila bekerjasama dengan PT Asuransi JasaRaharja,memberikan layanan jasa asuransi kecelakaan kepada mahasiswa untuk meringankan beban mahasiswa. Berkenaan dengan asuransi kecelakaan bagi mahasiswa Unila tersebut, maka seluruh mahasiwa diwajibkan untuk membayar premi, yang dibayar bersamaan saat pembayaran SPP dan  berlaku dalam jangka waktu 24 jam, selama satu tahun akademik. Apabila terjadi kecelakaan pada mahasiswa, maka orangtua/wali dapat mengajukan klaim kepada Rektor. Wakil Rektor III akan mengajukan klaim  kepada PT Asuransi Jasa Raharja dengan melampirkan surat keterangan kecelakaan danformulir klaim yang telah disediakan oleh PTAsuransi JasaRaharja.

2. a. Bentuk Kegiatan: Korp Suka Rela (KSR)  UNILA

b.  Pelaksanaan:

KSR dikelola oleh universitas.dengan waktu pelaksanaan setiap saat.

c. Hasil   Kegiatan                     : 

Mahasiwa memiliki sikap saling berbagidiantara mahasiswa dan memiliki aksi peduli di kalangan mahasiswa PS Agribisnis.

 

6. Lainnya, sebutkan. 1.   Group Facebook alumni PS Agribisnis Unila

Group Facebook alumni PS Agribisnis unila dibentuk sebagai wadah silaturahmi dan membangun networking para alumni. Group ini juga menjadi sarana diskusi dan bertukar informasi termasuk informasi tentang lowongan pekerjaaan

2.   Layanan fasilitas laboratorium di luar jam kuliah/praktikum

Selain digunakan untuk aktivitas kuliah dan praktikum, Laboratorium Analisis Agribisnis yang dilengkapi dengan komputer, LCD, dan perlengkapan lainnya memberikan layanan di luar jam kuliah/praktikum, misalnya pelatihan-pelatihan teknik pengolahan data menggunakan software statistik, riset operasi dan sebagainya. .

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.