Seminar Nasional FORKAPI, PAPPI dan Universitas Lampung Tahun 2018

Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan. Pembangunan yang direncanakan bersama antara pemerintah dengan masyarakat akan memberikan manfaat positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Usaha peningkatan peran komunikasi  dalam pembangunan nasional dapat  dilakukan  melalui peningkatan teknologi komunikasi   dan informasi. Untuk itu  Indonesia menempatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu fokus utama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Di masa-masa mendatang, arus informasi akan makin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan.  Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa yang ingin lestari dalam menghadapi tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang.

Usaha  memaksimalkan informasi yang berhubungan dengan penggunaan komunikasi digital    sangat dibutuhkan  untuk  memperkuat usaha  pembangunan. Oleh sebab itu dibutuhkan  wadah dan aktifitas  pertukaran informasi  yang berhubungan dengan  usaha memperkuat  pembangunan  nasional.

 

TEMA KEGIATAN

Seminar Nasional FORKAPI, PAPPI dan  Universitas Lampung Tahun 2018  ini bertemakan: Sinergi Komunikasi Digital dan Penyuluhan  dalam Pembangunan Nasional

 

TEMA CALL FOR PAPER

  1. Masa Depan Pendidikan Komunikasi Pembangunan: Sebuah Prespektif
  2. Ekonomi Kreatif dan Digital Marketing
  3. Komunikasi Digital dalam Masyarakat Pertanian dan Pedesaan
  4. Komunikasi Digital, Industri dan Lingkungan
  5. Regulasi Komunikasi Digital: Perspektif dan Pelaksanaannya
  6. Pemberdayaan Masyarakat di Era Digital
  7. Implementasi IT dalam Penyuluhan,kaitannya dalam memperkuat jaringan informasi
  8. Kontribusi CSR dalam Pengembangan Komunikasi Digital

  

WAKTU DAN TEMPAT

Hari                   :         Rabu

Tanggal             :         10 Oktober 2018

Jam                    :         08.00 WIB s/d Selesai

Tempat              :         Emersia Hotel, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

                                   

TUJUAN KEGIATAN

Mendapatkan formulasi tentang pengembangan komunikasi digital dalam berbagai aspek penentu keberhasilan  pembangunan nasional dan menjalin silaturahmi antar peneliti bidang sosial humaniora khususnya yang berhubungan dengan komunikasi dan penyuluhan pertanian.

 

SASARAN KEPESERTAAN    

Peserta dalam seminar nasional ini diharapkan berasal dari akademisi dan praktisi yang selama ini concern dalam bidang komunikasi pembangunan dan penyuluhan pertanian. Di samping itu, stakeholders juga menjadi target kepesertaan mengingat perannya sebagai mitra strategis dalam rangka mengaplikasikan ilmu komunikasi pembangunan dan penyuluhan pertanian dalam penyelesaian masalah-masalah pembangunan.

Syarat call for paper adalah sebagai berikut:

  1. Satu artikel hanya diperbolehkan mengirimkan 1 orang perwakilan
  2. Peserta dengan non artikel dapat mengikuti kegiatan ini dengan membayar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) untuk mengganti biaya konsumsi kegiatan dan seminar kit
  3. Peserta dengan artikel dapat mengikuti kegiatan ini dengan membayar Rp. 500.000 (lima  ratus ribu rupiah) untuk mengganti biaya konsumsi kegiatan, seminar kit dan prosiding
  4. Artikel terbaik hasil penilaian tim review diusulkan dipublikasi ke jurnal penyuluhan (jupe) terakreditasi Dikti dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) (syarat dan ketentuan berlaku)

 

BENTUK KEGIATAN

  1. Seminar Nasional FORKAPI dan PAPPI yang bertemakan: Sinergi Komunikasi Digital dan Penyuluhan dalam Pembangunan Nasional dengan mengadirkan keynote speaker: Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., Rektor Institut Pertanian Bogor dan empat pemateri utama yaitu: Dr. Ir. Sumardjo, M.S., Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyuluhan Indonesia (PAPPI)/Guru Besar Ilmu Penyuluhan Pembangunan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Ibrahim Hasyim, M.S., Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Dahlan Iskan, Founder Jawa Pos Group, Ir. Achmad Chrisna Putra, M.E.P.,  Kadis Kominfo Propinsi Lampung dengan moderator Dr. Ir. Sarwititi Sarwoprasodjo, M.Si., Ketua Program Studi Komunikasi  Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (KMP) Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB).
  2. Presentasi untuk makalah terpilih sesuai tema call for paper dari tim reviewer.

 

Tatacara Pendaftaran

 

Tanggal Penting:

Sosialisasi                                           : Juli dan Agustus 2018

Deadline Pengiriman  Abstrak       : 31 Agustus 2018

Pengumuman Abstrak Diterima    : 9 September 2018

Deadline Submit Full Paper            : 24 September 2018

 

Narahubung

Dame Trully Gultom   : 081369311650

Indah Nurmayasari     : 081391815575

Abdul Mutolib              : 082386717542

Rio Tedi Prayitno         : 082185383553

 

Lampiran (Dapat diunduh) :

  1. Form Pendaftaran Seminar Nasional
  2. Template Abstrak Seminar Nasional  FORKAPI-PAPPI
  3. Template Penulisan Makalah Seminar Nasional  FORKAPI-PAPPI
Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.