PS AGRIBISNIS FP UNILA MENJADI TEMPAT PRAKTIK AIMA

Tahun 2018 ini, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung menjadi salah satu tempat praktik turun lapang Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) yang diselenggarakan oleh LP3M Universitas Lampung. Program Studi Agribisnis dipilih menjadi salah satu tempat praktik karena dirasa sudah siap untuk diaudit dalam rangka menuju re-akreditasi. Auditor yang hadir ada 6 orang didampingi oleh 1 orang pembimbing. Auditor kali ini merupakan peserta pelatihan AIMA yaitu para dosen di lingkungan Universitas Lampung yang nantinya akan menjadi calon auditor LP3M. Pelaksanaan praktik audit dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2018 di Ruang Rapat Jurusan Agribisnis.Ketua Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Unila Ibu Dr. Ir. Fembriarti Erry Prasmatiwi, M.P., Ketua Program Studi Agribisnis Bapak Dr. Teguh Endaryanto, S.P., M.Si. dan segenap dosen menyambut baik kedatangan para calon auditor ini. Dalam pelaksanaannya, untuk mempermudah proses pengauditan, maka peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Dimana setiap kelompoknya terdiri dari 2 orang. Kelompok 1 akan mengaudit Standar 4 Borang 3A didampingi oleh Ibu Lina Marlina, S.P., M.Si., kelompok 2 akan mengaudit Standar 7 Borang 3A didampingi oleh Bapak Dr. Teguh Endaryanto, S.P., M.Si. dan Ibu Dr. Ir. Dyah Aring Hepiana Lestari, M.Si., serta kelompok 3 akan mengaudit 2 matakuliah di Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 didampingi oleh Dr. Ktut Murniati, M.T.A. dan Ibu Yuliana Saleh, S.P., M.Si.

Berdasarkan hasil audit Borang Kinerja Program Studi/PPAPS diperoleh nilai Standar 4 Borang 3A PS Agribisnis sebesar 187,11 dari nilai maksimum 219 dengan persentase capaian sebesar 85,44 persen, sedangkan nilai Standar 7 Borang 3A sebesar 187,80 dari nilai maksimum 187,80 dengan persentase capaian sebesar 100,00 persen. Untuk penilaian audit mutu perkuliahan dan praktikum/responsi, matakuliah Ekonomi Makro dengan penanggungjawab Bapak Dr. Ir. Dwi Haryono, M.S. memperoleh nilai kuliah sebesar 970 dari nilai maksimum 1.000 dan nilai praktikum/responsi sebesar 800 dari nilai maksimum 1.000, sedangkan untuk matakuliah Dasar-Dasar Manajemen dengan penanggungjawab ibu Dr. Ir. Wuryaningsih Dwi Sayekti, M.S. memperoleh nilai kuliah sebesar 872,50 dari nilai maksimum 1.000.

Dengan adanya audit ini, maka PS Agribisnis dapat berbenah diri dalam rangka menghadapi proses asesment lapang re-akreditasi ke depan. Melalui audit mutu perkuliahan dan praktikum/responsi, para dosen PS Agribisnis dapat melengkapi box-box matakuliah yang diampunya agar memperoleh nilai maksimum. Banyak kritik dan masukan yang diberikan, namun sifatnya membangun, baik itu untuk PS Agribisnis sendiri maupun untuk LP3M Universitas Lampung.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.