DOSEN JURUSAN AGRIBISNIS IKUTI PELATIHAN PENGISIAN BORANG AKREDITASI BERBASIS SAPTO BAGI TIM AKREDITASI PS DI UNIVERSITAS LAMPUNG

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung menyelenggarakan Pelatihan Pengisian Borang Akreditasi Berbasis SAPTO Bagi Tim Akreditasi PS di Universitas Lampung pada hari Jum’at, tanggal 11 Agustus 2017 di Ruang Sidang Lantai 4 Rektorat Unila. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen,penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.

Dalam sistem SAPTO Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap perguruan tinggi akan diberi1 (satu) akun menggunakan kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) . Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi yang berada di lingkungan perguruan tinggi tersebut. Pengembangan SAPTO terutama ditujukan untuk meningkatkan akurasi, obyektivitas, transparansi dan akuntabilitas proses akreditasi sebagaimana diamanatkan dalam Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016, serta meningkatkan efisiensi proses akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Selain memfasilitasi penyampaian usulan akreditasi secara online, melalui SAPTO perguruan tinggi juga dapat memantau proses akreditasi yang sedang diusulkan.

Pada  tahun 2018 yang akan datang, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unila akan  melakukan re-akreditasi, karena akreditasi A PS Agribisnis akan habis pada tanggal 10 Januari 2018. Tim akreditasi PS Agribisnis sejak awal tahun 2017 sudah mulai menyusun borang 3A berbasis SAPTO dengan harapan 4 bulan sebelumnya PS Agribisnis sudah mengumpulkan seluruh borang ke BAN-PT.  Untuk itu, Dosen Jurusan Agribisnis penting untuk menghadiri pelatihan ini guna memahami lebih dalam tentang sistem baru akreditasi berbasis SAPTO yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Pelatihan ini  oleh Bapak Dr. Ir. Tubagus Hasanudin, M.S., Bapak Dr. Ir. Dewangga Nikmatullah, M.S., Ibu Dr. Ir. Ktut Murniati, M.T.A., Ibu Dr. Ir. Dame Trully Gultom, M.S., Ibu Yuliana Saleh, S.P., M.Si., dan Ibu Tiara Aprilia Putri Hernanda, S.P., M.Si.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.