SOSIALISASI SISTEM AKREDITASI ONLINE PERGURUAN TINGGI (SAPTO) PADA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Dalam rangka persiapan menuju Re-akreditasi, Program Studi  Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung mengisi waktu Rabuan dengan menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Akreditasi Online Perguruan Tinggi (SAPTO) bertempat di Ruang Rapat Jurusan Agribisnis FP Unila (22/3/2017). Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Agribisnis FP Unila Ibu Dr. Ir. Fembriarti Erry Prasmatiwi, M.P. dan dihadiri oleh seluruh dosen Jurusan Agribisnis. Narasumber sosialisasi SAPTO ini yaitu Bapak Dr. Ir. R. Hanung Ismono, M.P. yang merupakan salah satu anggota BAN-PT. Sosialisasi SAPTO ini dirasa perlu dilaksanakan mengingat bahwa berdasarkan SK nomor 010/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013, Program Studi  Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung terakreditasi A berlaku hingga 10 Januari 2018, sehingga perlu dilakukan persiapan-persiapan re-akreditasi sejak dini. Para Dosen Program Studi Agribisnis akan berupaya keras untuk mempertahankan akreditasi A yang telah dicapainya.

Sistem Akreditasi Online Perguruan Tinggi (SAPTO) yang telah dirilis oleh  Menristekdikti pada  tanggal 9 Desember 2016 di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta bertujuan agar memudahkan perguruan tinggi dalam menyampaikan dokumen akreditasi untuk mendapat asesmen kecukupan yang dilakukan asesor di tempat asal asesor.  BAN-PT mengakui bahwa fasilitas yang tersebut bisa menekan biaya proses akreditasi hingga 20 persen. Terobosan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pada pemerintah yang berkomitmen untuk secara sistematis dan terprogram meningkatkan mutu sektor pendidikan tinggi di Indonesia.

Dr. Ir. R. Hanung Ismono, M.P. menyampaikan beberapa informasi penting terkait surat Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Nomor 996/BAN-PT/LL/2017, tanggal 21 Februari 2017, serta menindaklanjuti surat No: 335/BAN-PT/LU2017, tanggal 26 Januari 2017 perihal Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2017, bahwa BAN-PT akan menerapkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) berbasis instrument yang berlaku saat ini mulai 1 Juni Tahun 2017.  Terkait dengan hal tersebut,  maka BAN-PT perlu menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sesuai dengan surat nomor 1041/BAN-PT/LL/2017 bahwa penyampaian usulan APS dalam bentuk cetak (hard copy) akan dilayani sampai tanggal 31 Maret 2017. Penyampaian usulan APS setelah tanggal tersebut dapat disampaikan secara onlinemulai tanggal 10 April 2017. Perlu diketahui bahwa usulan akreditasi secara online menggunakan instrument yang sama dengan yang berlaku selama ini. Sehingga perguruan tinggi tidak perlu bergegas mengejar batas waktu 31 Maret 2017 kecuali karena alasan masa berlaku SK Akreditasi. Usulan APS hanya akan diproses dengan syarat dan ketentuan yaitu Program Studi harus terdaftar di PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) dengan jumlah dosen tetap minimal 6 orang dengan kualifikasi dan jabatan fungsional yang sesuai.
  2. Penyampaian usulan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dalam.bentuk cetak (hard copy) tetap dilayani sampai dengan tanggal 31 Mei 2017.
  3. Program studi yang SK Status dan Peringkat Terakreditasi berakhir antara tanggal 1 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 31 November 2017 agar mengajukan usulan akreditasi secara online sebelum tanggal 31 Juli 2017.
  4. Program studi sebagaimana dimaksud pada angka (3) akan mendapatkan Surat Keterangan BAN-PT yang menyatakan bahwa: a. Program studi sedang dalam proses akreditasi, b. SK Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi program studi masih berlaku sampai dengan diterbitkannya Keputusan mengenai Status Akreditasi dan Peringkat terakreditasi yang baru.
  5. BAN-PT akan menyelenggarakan pelatihan penggunaan SAPTO untuk perguruan tinggi secara bertahap, bekerjasama dengan Kopertis, Direktorat Pengembangan Kelembagaan, forum perguruan tinggi, atau organisasi lain yang relevan. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

Berdasarkan informasi yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa Program Studi Agribisnis FP Unila diperkirakan akan mengajukan usulan akreditasi secara online (SAPTO). Untuk itu, diperlukan komitmen yang kuat oleh seluruh dosen agar dapat menyelesaikan Borang Akreditasi dengan sebaik-baiknya. Semoga  Program Studi Agribisnis FP Unila dapat mempertahankan Akreditasi A yang telah diraih sebelumnya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh institusi, para dosen, dan mahasiswa kelak.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.