JURUSAN AGRIBISNIS BERI PENYULUHAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DESA CINTAMULYA KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Salah satu rangkaian kegiatan Praktik Pengenalan Pertanian (Homestay) Jurusan Agribisnis FP Unila adalah Kegiatan Penyuluhan, yang merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Dosen Universitas Lampung.  Masyarakat, khususnya petani di Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan sangat memerlukan pengetahuan terkait Pembuatan Pupuk Kompos, karena  seyogyanya Bumdes di Desa Cintamulya difokuskan kepada pupuk kompos/pupuk organik yang dapat digunakan oleh seluruh petani di Desa Cintamulya, bahkan dapat mensupplay desa-desa lainnya. Desa Cintamulya merupakan desa dengan potensi  tanaman padi sawahnya. Namun, petani kesulitan dalam hal pemasaran beras saat panen raya tiba. Harga gabah yang didapatkan oleh petani pada saat itu sangat rendah, sehingga petani perlu memahami permasalahan tentang Tataniaga Beras.

Penyuluhan terkait 2 hal tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (28/01/2017) di Balai Desa Cintamulya. Penyuluhan ini dihadiri oleh para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani  dan Kelompok-kelompok tani  di wilayah Desa Cintamulya serta para dosen Jurusan Agribisnis FP Unila. Penyuluhan tentang Pembuatan Pupuk Kompos ini diisi oleh Wakil Dekan 1 Bidang Kurikulum dan Akademik Ibu Prof. Dr. Ir. Dermiyati, M.Agr.Sc. Setelah penyuluhan ini dilakukan, selanjutnya praktik cara pembuatan pupuk kompos di salah satu area milik petani agar petani benar-benar tahu cara pembuatannya. Penyuluhan tentang Tataniaga Beras diisi oleh Dosen Jurusan Agribisnis FP Unila Bapak Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.